Blog Berita Teknologi Terkini


Berita Terbaru

Wednesday, February 8, 2012

Seorang Mahasiswa Merancang Smartphone Berbahan Bambu



Kieron-Scott Woodhouse, mahasiswa Middlesex University (Inggris) berusia 23 tahun merancang casing smartphone dengan bahan yang tak biasa. Dengan kreativitasnya, satu ruas bambu utuh beralih fungsi menjadi sebuah casing untuk smartphone. Ia kemudian mengunggah casing hasil rancangannya ke dunia maya. Dan di luar dugaan, ia mendapat tawaran kerjasama dari seorang pengusaha. Kerjasama antara seorang mahasiswa dan pengusaha ini berlanjut lebih serius dengan didirikannya perusahaan dan dirangkulnya para teknisi.     Smartphone dengan konsep ramah lingkungan ini dinamai ADzero.

 Smartphone ini rencananya akan menggunakan sistem operasi Android dan dilengkapi layar full touchsreen. Bobotnya diperkirakan akan setengah kali dari bobot iphone. Pada pameran desain di London, ADzero mendapat sambutan yang sangat positif.

 Meski berbahan bambu, daya tahan smartphone ini tidak perlu diragukan. Bambu yang digunakan untuk pembuatan casingnya diolah sedemikian rupa agar daya tahannya kuat. Keberadaan bambu yang mudah ditemui adalah salah satu sisi positif dikembangkannya smartphone ini. ”Kesannya memang aneh jika menggunakan bambu untuk ponsel, tapi sebenarnya bambu sangat kuat dan tahan lama, ditambah lagi bambu mudah tumbuh, kualitas sempurna untuk aplikasi semacam ini”, ujar Woodhouse.

 
Dengan bahan dasar bambu, limbah dari produksi massal smartphone ini tentunya juga dapat lebih diminimalisir. Para pecinta produk unik dan ramah lingkungan mungkin akan menyukai produk yang satu ini.

 Woodhouse dan kreativitasnya tersebut patut diacungi jempol. Kemampuannya menghasilkan ide yang tidak terpikirkan oleh orang lain membuatnya mampu berbeda dan mempunyai nilai plus. Nilai jual sebuah produk sering kali ditentukan oleh keunikan ide yang diwujudkannya.

Unik

Desain Blog Oleh VungTauZ.Com