Blog Berita Teknologi Terkini


Berita Terbaru

Monday, January 30, 2012

Penemuan Tidak Disengaja Yang Mengubah Dunia




Banyak penemu yang memerlukan usaha keras bertahun-tahun untuk menemukan sesuatu yang akhirnya bermanfaat bagi masyakarat. Namun ada pula beberapa orang “beruntung” yang karyanya dikenal hingga sekarang walaupun karya tersebut didapatkan secara tidak sengaja. Apa saja penemuan-penemuan tak disengaja yang berhasil mengubah dunia? Simak daftar penemuan tak disengaja yang mengubah dunia berikut.

 Karet Vulkanisir



Pada 1830an, Charles Goodyear yang berhasil menjadi kaisar dinasti ban Goodyear adalah seorang yang hampir putus asa karena usahanya untuk membuat ban karet yang sempurna kerap menemui kegagalan. Akhirnya, diceritakan bahwa pada 1839 ia secara tak sengaja menumpahkan campuran karet ke sebuah kompor panas. Pemanasan karet inilah yang menjadi kunci proses vulkanisir sekarang ini.

 Penisilin


Sir Alexander Fleming menemukan Penisilin secara tidak sengaja setelah ahli biologi brilian ini kembali dari masa liburan pada 1928. Waktu itu ia sedang dalam penelitian dengan objek bakteri staphylococci. Saat ia melihat piring suvenir yang ia beli sewaktu liburan ditumbuhi jamur, ia juga memerhatikan bahwa bakteri staphylococcus tak bisa berkembang di sekitar daerah yang ditumbuhi jamur tersebut. Berangkat dari penemuannya itu, ia mengembangkan anti bakteria yang ia namakan Penisilin. Penemuan hebat itu tak begitu digubris hingga pada 1945 beberapa orang peneliti melanjutkan penelitian dan berhasil memproduksi Penisilin dalam skala industri untuk mengobati infeksi bakteri.

 Teflon


Teflon secara tidak sengaja ditemukan oleh Roy Plunkett pada 1938 ketika ia tengah melakukan eksperimen dengan zat CFC yang ada di dalam kulkas. Plunkett mendapati salah satu sampelnya membeku dan berwarna keputihan dan licin seperti berlilin. Sampel tersebut tak bisa dipengaruhi oleh zat lain bahkan oleh zat asam yang sifatnya korosif. Perusahaan DuPont lalu mengolah penemuannya dan memproduksi alat-alat masak seperti yang sekarang ini sering kita temui di dapur.

 Kaca Laminasi Pengaman


Kaca laminasi pengaman ditemukan secara kebetulan oleh ahlo kimia asal Prancis, Edouard Benedictus. Ia menemukan kaca laminasi pengaman setelah terjadi kecelakaan laboratorium ketika ia mendapati sebuah gelas laborat tidak pecah berkeping-keping setelah terlapisi plastik selulosa nitrat. Sekarang, kaca laminasi pengaman digunakan di mobil-mobil dan rumah yang memiliki partisi kaca.

Sampanye


Dom Pierre Perignon diyakini sebagai penemu Sampanye di abad ke 17. Sebenarnya waktu itu ia ingin membuat racikan anggur putih untuk keluarga raja di Prancis, namun alih-alih berhasil memukau raja dengan anggur putih berkualitas, ia justru menciptakan minuman baru berbahan anggur dengan buih-buih putih yang dinamakan Sampanye. Kini, di banyak negara Eropa serta Amerika, hampir semua pesta tak akan meriah tanpa kehadiran Sampanye.

 Es Krim Kerucut


Sebelum tahun 1904, es krim hanya disajikan di atas piring. Es krim yang disajikan dalam wadah kerucut mulai hadir di pasaran setelah pada acara World’s Fair 1904 sebuah kounter es krim kehabisan piring sehingga akhirnya membeli semacam wafer tipis dari Persia udari kounter sebelahnya untuk menghidangkan es krim. Sekarang, banyak sekali orang yang gemar menikmati es krim kerucut ini karena mereka tak perlu membuang atau mencuci wadah setelah memakan habis es krimnya.

Superglue (Lem Super Lengket)


Pada 1942, Dr. Harry Coover sedang berusaha merekatkan plastik bening ke senjata genggam agar lebih presisi ketika lem super lengket ahirnya tercipta. Zat super lengket temuanya bernama cyanoacrylates yang merekatkan beragam jenis materi. 6 tahun kemudian, ia menemukan potensi yang tersembunyi dalam zat ini dan berhasil membuat Superglue. Nyawa para prajurit Amerika yang bertempur di Vietnam banyak yang terselamatkan karena zat ini setelah para petugas medis menyemprotkan zat ini ke luka mereka untuk mencegah pendarahan.

 Oven Microwave


Percy Lebaron Spencer secara tidak sengaja menemukan fakta bahwa gelombang mikro bisa digunakan untuk memasak pada 1945 ketika ia sedang bekerja di pabrik magnetron. Ketika sedang berdiri di samping magnetron, ia mendapati coklat batangan di dalam sakunya meleleh. Lalau ia berksperimen dengan butiran jagung dan telur sebelum akhirnya meledak. Oven microwave pertama yang berhasil diproduksi beratnya lebih dari 300 kilogram.

Unik

Desain Blog Oleh VungTauZ.Com